Artikel Islam

Iman Kepada Kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah Subhanahu Wa Ta’ala merupakan salah satu dasar dari dasar-dasar akidah Islam, dan salah satu rukun dari rukun-rukun iman yang enam, tidaklah benar akidah seseorang  dan tidak pula lurus iman seseoranga sampai dia beriman dan  meyakini bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Rasul-Nya Shalallahu ‘aihissalam.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memberitakan didalam kitab-Nya bahwa  Rasul-Nya Shalallahu ‘aihissalam. dan orang-orang yang beriman kepada-Nya beriman kepada kitab-kitab yang telah diturunkan oleh-Nya didalam firman-Nya :

آمَنَالرَّسُولُبِمَاأُنزِلَإِلَيْهِمِنْرَبِّهِوَالْمُؤْمِنُونَكُلٌّآمَنَبِاللَّهِوَمَلائِكَتِهِوَكُتُبِهِوَرُسُلِهِ

“Rasul beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya demikian pula dengan orang-orang yang beriman, semuanya beriman kepada Allah, para Malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan para Rasul-Nya.” (QS. Al Baqarah : 285)

Bahkan karena pentingnya beriman kepada kitab-kitab, Allah Subhanahu Wa Ta’ala secara khusus memerintahkan orang-orang yang beriman untuk mengungkapkan iman mereka kepada kitab-kitab-Nya, seperti disebutkan di dalam firman-Nya :

قولُواآمَنَّابِاللَّهِوَمَاأُنزِلَإِلَيْنَاوَمَاأُنزِلَإِلَىإِبْرَاهِيمَوَإِسْمَاعِيلَوَإِسْحَقَوَيَعْقُوبَوَالأَسْبَاطِوَمَاأُوتِيَمُوسَىوَعِيسَىوَمَاأُوتِيَالنَّبِيُّونَمِنْرَبِّهِمْلانُفَرِّقُبَيْنَأَحَدٍمِنْهُمْوَنَحْنُلَهُمُسْلِمُونَ

Katakanlah : kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami serta apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub dan Asbath serta apa yang diturunkan kepada Musa dan Isa, juga apa yang diturunkan kepada para nabi semuanya dari Rabb mereka, kami tidak membedakan salah seorang pun di antara mereka dan kami berIslam kepada-Nya.” (QS. Al Baqarah: 136)

Bahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala menetapkan kesesatan bagi mereka yang mengingkari salah satu dari rukun-rukun iman termasuk didalamnya kitab-kitab Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sebagaimana disebutkan didalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala:

وَمَنْيَكْفُرْبِاللَّهِوَمَلائِكَتِهِوَكُتُبِهِوَرُسُلِهِوَالْيَوْمِالآخِرِفَقَدْضَلَّضَلالاًبَعِيداً

Barangsiapa ingkar terhadap Allah, para Malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya dan Hari Akhir maka dia telah tersesat dalam kesesatan yang jauh.” (QS. An Nisa : 136). — Lanjut ke halaman berikutnya.

Pages: 1 2 3 4

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.