Hukum Sholat Berjama’ah

Hukum Sholat Berjama’ah

September 25, 2018 0 By Radio Kita FM Cirebon

Pertanyaan : Apa hukum sholat berjama’ah?

Jawaban : Para Ulama bersepakat bahwa sholat berjama’ah adalah termasuk ketaatan yang paling besar. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menguatkannya dan mengutamakannya adn sungguh Allah telah menyebutkan dalam kitabnya dan memerintahkannya sampai pada keadaan takut sekalipun. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, Maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), Maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu.” (QS. An-Nisaa’ : 102)

Dalam sunah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terdapat banyak hadits yang menunjukan atas wajibnya sholat berjama’ah, misalnya beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sungguh aku punya keinginan untuk memerintahkan sholat lalu ditegakkan sholat itu kemudian aku memerintahkan seseorang agar dia mengimami manusia sholat (berjama’ah) kemudian aku pergi dengan beberapa orang laki-laki dengan membawa seikat kayu bakar kepada kaum yang tidak ikut sholat (berjama’ah) maka aku akan membakar rumah-rumah mereka.” (Muttafaq ‘alaih)

Pendapat yang benar mengharuskan sholat berjama’ah, karena sesungguhnya umat islam adalah umat yang satu. Tidak akan terealisasi persatuan yang sempurna kecuali dengan adanya persatuan dalam ibadah. Dan ibadah yang paling besar, paling utama, dan paling dikuatkan adalah sholat. Sehingga wajib bagi umat islam untuk bersatu dalam sholat tersebut.