Artikel

TERSENYUMLAH

*TERSENYUMLAH !*

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Janganlah engkau menganggap remeh perbuatan baik sedikit pun, meskipun engkau berjumpa saudaramu dengan wajah berseri-seri” [HR. Muslim]

Diantara tanda akhlak yang baik adalah bermuka manis, berwajah ceria.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:

“Bermuka manis adalah wajah yang berseri-seri ketika berjumpa dengan orang lain, sedangkan lawannya adalah bermuka masam.

Dikatakan, bahwa Ibnu Abbas radhiallahu anhuma pernah ditanya tentang kebaikan, maka beliau menjawab:

“Wajah berseri-seri dan bertutur kata yang halus.”

Seorang penyair merangkaikannya dalam sebuah syair:

بُنَيَّ إِنَّ الْبِرَّ شيْءٌ هيِّنٌ
وَجْهٌ طَلِيْقٌ وَ لِسَانٌ لَيِّنٌ

Wahai anakku, sesungguhnya kebaikan itu suatu yang mudah,
Wajah yang berseri-seri dan tutur kata yang halus

Wajah yang berseri-seri dapat membuat orang menjadi senang, dapat merekatkan kasih sayang dan dapat pula menjadikan dirimu dan orang yang kamu jumpai menjadi berlapang dada. Tetapi jika engkau bermuka masam, maka orang lain akan menjauhimu, tidak merasa nyaman duduk bersamamu, apalagi untuk berbincang-bincang denganmu.

Orang yang tertimpa penyakit berbahaya, yaitu depresi (tekanan jiwa), dapat sembuh dengan resep yang sangat ampuh, yaitu berlapang dada dan wajah yang berseri-seri. Oleh karena itu para dokter menasehati orang-orang yang tertimpa penyakit depresi untuk menghindari hal-hal yang membuatnya marah atau emosi, karena hal tersebut akan memperparah penyakitnya.

Adapun lapang dada dan wajah yang berseri-seri dapat menghilangkan penyakit tersebut, sehingga ia akan dicintai dan dihormati oleh orang lain.”
[ *Makarimul Akhlaq*, halaman: 29-30]

Jika kepada orang lain saja kita dianjurkan untuk tersenyum dan berwajah ceria maka kepada kedua orang tua, kepada istri /suami, kepada anak, kerabat harus lebih baik dari sikap kita kepada selain mereka. *Sebaik baik kalian adalah yang terbaik terhadap keluarga kalian.*

🌿🍀🌴
Ditulis Oleh Ustadz Fariq Gasim Anuz

Comment here