Informasi

Dimana Tempatnya Neraka?

Spread the love

Dimana Tempatnya Neraka?

Pertanyaan: Apakah neraka itu berada dilangit atau dibumi?

Jawaban: Ia berada di bumi,tetapi sebagai para ulama mengatakan bahwa neraka itu adalah lautan,yang lainya berkata,bahwa dia berada di dalam perut bumi. Namun yang lebih jelasadalah neraka berada didalam perut bumi namun kita tidak tahu di sebelah bumi yang mana.Kita beriman bahwasanya dia berada di bumi dan bukan di langit akan tetapi kita tidak tahu di sebelah mana tempatnya secara pasti. Dan dalil yang menyebutkan bahwa neraka berada dibumi adalah berikut ini,Allah berfirman :

كَلا إِنَّ كِتَابَ الْفُجَّارِ لَفِي سِجِّينٍ (٧)

Sekali kali jangan orang karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam Sijjin.”(Q.S. Al-Muthafifin : 7) “Sijjin adalah lapisan bumi yang paling bawah.

Demikian pula yang disebutkan dalam hadits tentang orang kafir yang hendak meninggal dan dipegang ruhnya, maka tidak dibuka bagi mereka pintu-pintu langit dan Allah berfirman:”Tulislah catatan hambaKu ini di Sijjin dan kembalikanlah ruhnya ke bumi.”(Ahmad Dan Abu Dawud).

Seandainya neraka dilangit tentu akan di bukakan pintu-pintu langit supaya mereka bias memasukinya,karena Nabi Shallallahu’alaihi wasallam juga telah melihat penghuni neraka disiksa didalamnya, jika dia berada dilangit mengharuskan orang yang memasukinya untuk dibukakan pintu-pintu langit mereka. Sebagian orang yang mempermasalahkan, dan berkata sebagaimana dengan apa yang dilihat Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam pada malam mi’raj sedangkan neraka berada di bumi? Aku heran dengan masalah ini kita berada didalam pesawat, kita melihat bumi dibawah kita dan akan kelihatan sangat jauh, maka bagaimana bias beliau tidak melihat neraka sedangkan beliau berada dilangit.

Kesimpulannya Neraka berada di bumi. Telah diriwayatkan dalam masalah ini beberapa hadits namun itu dha’if . Telah diriwayatkan  juga atas dari kalangan salaf seperti Ibnu Abbas dan Ibnu Mas’ud radiyallahu anhuma dan ini adalah zhahirnya Al-Qur’an.

إِنَّ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَلَا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّىٰ يَلِجَ الْجَمَلُ فِي سَمِّ الْخِيَاطِ ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُجْرِمِينَ

“Sesungguhnya orang orang yang mendustakan ayat ayat kami dan menyombonkan diri terhadapnya,sekali-kali tidak akan dibukakan bagi meraka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga,sehingga unta masuk ke lubang jarum.”(Q.S.Al’Araf : 40).

Adapun orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan bersikap sombong darinya tidak diragukan lagi mereka berada didalam neraka.

(Majmuu’Fataawaa asy-syaikh 2/67-68)

Sumber : Fatwa-Fatwa Penting Dalam Sehari-hari (Karya: Syaikh Muhammad Shalih Al Utsaimin).

Comment here