Informasi

Mengetahui Besarnya Dosa Syirik

Spread the love

Pengetahuan tentang bahayanya sesuatu yang dilarang oleh Allah adalah merupakan suatu  ilmu yang sangat penting, diantara hikmahnya adalah agar kita bisa berhati-hati untuk tidak melakukan larangan tersebut dan tidak terjerumus di dalamnya, yang itu merupakan sebuah dosa dan kemaksiatan yang akan mendekatkan kita kepada jurang kehancuran.

Di dalam sebuah hadits telah dijelaskan seputar dosa besar yang paling besar. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam bersabda, “Maukah kalian aku beritahukan kepada kalian dosa besar yang paling besar? Yaitu Syirik kepada Allah, durhaka kepada kedua orang tua dan kesaksian dusta … (Al Bukhari dan Muslim)

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang besarnya dosa syirik, yang merupakan dosa besar yang paling besar yang pertama dan hingga saat ini masih dilakukan oleh kalangan orang yang mengaku dirinya “muslim’.

Syirik atau menyekutukan Allah itu adalah menjadikan makhluk sebagai tandingan bagi Allah. Dan menyembah makhluk disamping menyembah Allah. Di antaranya menyembah batu, manusia, matahari, bulan, pohon, atau yang lainnya. Allah telah mengancam orang yang menyekutukan-Nya dengan yang lain dalam firman-Nya:

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu. Bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang paling besar.” (Annisa: 48)

Demikian pula dalam firman-Nya yang lain.

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah akan mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang yang zalim itu seorang penolongpun .. (Al Maidah : 72)

Demikian pula dalam sabda Rasulullah :

“Barangsiapa yang bertemu dengan Allah dalam keadaan tidak menyekutukan-Nya sedikitpun, maka ia akan masuk surga. Dan barangsiapa yang bertemu dengan Allah dalam keadaaan menyekutukan-Nya, maka ia akan masuk neraka.” (Diriwayatkan oleh Muslim)

Dan sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud Radiyallahu ‘anhu, ia bertutur, “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah: Dosa apa yang paling besar di sisi Allah? Beliau manjawab, “Engkau menjadikan sesuatu sebagai tandingan bagi Allah, padahal Allah adalah yang telah menciptakanmu.” Perawi melanjutkan, “Aku berkata kepada beliau, sesungguhnya hal itu amatlah besar.” Perawi kemudian melanjutkan, “Aku bertanya; kemudian dosa apa lagi? Beliau menjawab. “Engkau membunuh anakmu karena engkau khawatir ia akan makan bersamamu.” Aku kembali bertanya, “Kemudian dosa apa lagi? Beliau menjawab “ Engkau menzinai istri tetanggamu.” (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim)

Dalam ayat dan hadits itu sudah jelas bahwa dosa syirik itu merupakan dosa yang paling besar di antara dosa-dosa besar tersebut. Demikianlah secara singkat mengenai derajat dosa besar yang paling besar yang pertama, untuk macam-macam syirik kita akan membahasnya di postingan yang selanjutnya.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa melindungi kita dari dosa besar syirik ini sampai akhir hayat kita aamiin. Semoga bermanfaat..

Diambil dari Majalah Nikah.

Comment here