Informasi

Menyelami Makna Keputihan (Fluor Albus)

Spread the love

Pecinta Radio Kita FM yang semoga dirahmati Allah, kali ini anda akan kami ajak untuk menyelami makna “keputihan” (fluor albus) yaitu suatu gejala umum dari suatu infeksi yang bisa terjadi di dinding vagina maupun di mulut rahim (cervix atau portio),bila infeksinya terjadi di vagina namanya vaginitis, bila terjadi di cervix namanya cervicitis.

Keputihan ini sering memberikan keluhan yang tidak nyaman bagi penderita maupun pasangannya. Namun demikian ada juga penderita yang tidak peduli akan hal ini karena ketidak tahuan atau malu untuk berobat atau sudah dianggap wajar karena saking lamanya keluhan ini.

keputihanOleh karena itu penting bagi ibu-ibu untuk mengenali jenis jenis keputihan yang merupakan sebab kuman kuman berbahaya seperti “gonococus” dengan gejala keputihannya agak kuning seperti nanah, berbau, gatal kadang kencingnya terasa panas perih.

Atau jenis “protozoa” atau hewan bersel satu yang bergerak aktif seperti “giardia lambia” dengan gejala keputihannya kehijauan, berbau, sangat gatal.

Atau “treponema pallidum” berbentuk spiral yang bergerak aktif masuk kedalam sel tubuh yang membuat luka terbuka tapi tidak nyeri selain itu juga dia bisa masuk kesetiap organ tubuh kita mana saja, otak, jantung, paru, mata, yang dia sukai tetapi tempat favoritnya adalah otak biasa menyebabkan kelumpuhan atau dikulit membentuk guma ,bila kejantung menyebabkan sumbatan pembuluh darah jantung sehingga terkena serangan jantung.

Adapun keputihan akibat infeksi virus HpV (human papiloma virus) maka hal ini yang menyebabkan infeksi kuman pada mulut rahim (cervicitis) merubah pola pertumbuhan sel-sel yang terinfeksi tadi menjadi sel-sel kanker yang tidak bisa disembuhkan kecuali dibuang atau dipisahkan dari sel-sel yang sehat.

Namun demikian sepanjang kita berusaha untuk peduli dengan gejala gejala keputihan ini Insya Allah akan ada pencegahan dan pengobatannya.

Jadi bila kita telaah perjalanan penyakit keputihan karena infeksi dari yang ringan sampai yang berat memberikan gejala yang sama yaitu keputihan yang berbau gatal dan berubah warna. Oleh karena itu diagnosa yang tepat sangat diperlukan dalam pengobatan suatu penyakit agar tepat sasaran, jadi sangatlah riskan kita mengobati penyakit tanpa harus memeriksa bagian yang terkena infeksi tersebut, karena dasar pengobatannya adalah berdasarkan tanda-tanda dan gejala yang kita lihat pada permukaan kulit mukosa yang terinfeksi, adapun untuk memeriksanya ada beberapa metode pemeriksaan yaitu swab lendir vagina, pap smear lendir mulut rahim maupun pap test yang semua itu bertujuan untuk mengetahui lebih detail penyebab kuman-kumannya sehingga pengobatannya lebih tepat sasaran, karena keputihan yang menahun atau kronis bisa menyebabkan infeksi menyebar ketempat lainnya dan bisa merusak kandungan yang berakibat sulit untuk hamil bahkan bila terjadi abses akan menyebabkan kerusakan organ kandungan yang menetap, kalau abses ini tidak segera dievakuasi bisa menginfeksi usus dan organ sekitarnya yang lama-lama akan menyebabkan illeus dan peritonitis (seluruh perutnya terisi nanah) sehingga perlu dilakukan laparotomi (perut di bedah dan dicuci isi perutnya untuk membersihkan nanah tersebut).

Oleh karena itu, perlunya kita peduli terhadap gejala keputihan ini dan melakukan pemeriksaan pap smear rutin setahun dua kali untuk mendeteksi kelainan kelainan pada mulut rahim, apalagi bila sudah timbul bercak darah saat bersenggama bagi wanita maka hal ini wajib bagi dirinya untuk memeriksakan diri maupun melakukan pemeriksaan pap smear karena bisa mendeteksi penyakit yang paling ditakuti adalah kanker mulut rahim, karena penyakit ini tidak menimbulkan keluhan nyeri hanya flek-flek darah saja sehingga banyak ibu-ibu yang tidak mempedulikan  gejala ini, adapun bila sudah menimbulkan gejala nyeri pada pinggang dan panggul biasanya sudah ada penyebaran tumor disekitarnya dan ini cukup terlambat dan sangat sulit untuk disembuhkan karena itu setelah membaca dan menelaah keterangan diatas maka wajib bagi wanita yang menikah untuk melakukan pemeriksaan pap smear, demikian semoga bermanfaat. Barokallahufikum.

Ditulis oleh dr. Muhammad Irfan SPOG, MARS. Beliau praktek di RS Pertamina dan membuka praktik di Apotek Siliwangi Kota Cirebon. Beliau juga merupakan salah satu pemateri Radio Kita FM di program acara “Konsultasi Kesehatan Kandungan” setiap hari Sabtu, pukul 10.30-12.00 WIB. Dari Majalah Al Bayan edisi 8.

Comment here