Informasi

Penjelasan Mengenai Dosa-Dosa Besar

Spread the love

Sebagai makhluk Allah yang sering berbuat salah dan khilaf, seringkali kita terjerumus ke dalam perbuatan kemaksiatan dan dosa, baik itu kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala maupun kepada sesama manusia. Hal itu disebabkan karena naik turunnya keimanan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga kita pun berada dalam kesulitan ….

Ibnul Qoyyim pernah menuturkan .. Diantara yang wajib diketahui seseorang bahwa dosa dan kemaksiatan adalah sesuatu yang amat berbahaya. Diantara dampak bahayanya terhadap hati seseorang tak ubahnya seperti bahaya racun terhadap tubuhnya sesuai dengan kadar bahaya racun tersebut. Sehingga kehidupannya di dunia dan di akhirat pasti akan berdampak buruk hanya karena dosa dan kemaksiatan itu.

syi'ah

Dalam syari’at, dosa itu dibagi kepada dosa besar dan dosa kecil. Ada yang bisa mengeluarkan seseorang dari Islam, dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, kita wajib mengenal dosa-dosa besar itu agar kita tidak terjerumus ke dalamnya sehingga kita akan binasa.

Definisi Dosa Besar

Kata Kabaair (dosa-dosa besar) berasal dari akar kata Kabiirah yang dikenal untuk setiap dosa yang memiliki ganjaran berupa ancaman besar. Setiap dosa yang diancam dengan neraka adalah dosa besar.

Ibnu ‘Abbas Radiyallahu ‘anhu bertutur, “Al Kabaair adalah setiap dosa yang diancam Allah dengan balasan neraka, atau kemarahan, atau laknat, maupun siksa.”

Dan ada yang berpendapat, “Al Kabaair adalah setiap kemaksiatan yang mengandung bencana di dunia atau ancaman di akhirat, diantaranya siksaan, kemarahan atau laknat bagai pelakunya.”

Murrah bertutur,” Setiap hal yang dilarang Allah adalah dosa besar,” Adapun Dhahhak menambahkan “Dosa besar itu adalah setiap perbuatan yang menimbulkan bencana di dunia dan siksaan di akhirat kelak,”

Dan ada juga yang berpendapat, “ Setiap dosa dan kemaksiatan kepada Allah adalah dosa besar.”

Jumlah Dosa-dosa besar

Para ulama banyak memberi pandangan dan pendapat seputar jumlah dosa-dosa besar. Di antaranya Abdullah bin Mas’ud, beliau menyatakan,” Dosa-dosa besar itu ada empat.” Dan Ibnu umar berpendapat “Dosa-dosa besar itu ada tujuh.” Abdullah bin ‘Abbas juga berpendapat, “Dosa-dosa besar itu ada tujuh puluh. Induknya ada tujuh.’ Dan ada juga yang berpendapat, “Dosa-dosa besar itu berjumlah hingga tujuh ratus macam.”

Beberapa Macam Dosa Besar

Dalam hadits telah dijelaskan bahwa di antara dosa-dosa besar itu adalah menyekutukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sihir, membunuh orang yang diharamkan Allah untuk dibunuh, memakan harta anak yatim dengan cara batil, memakan riba, lari dari medan peperangan, dan menuduh wanita-wanita mukminah dengan tuduhan nista. Sebagaimana yang tertera dalam sebuah hadits yan diriwayatkan dari Abu Hurairah Radiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassalam beliau bersabda, “Hindarilah tujuh hal yang membinasakan” seseorang bertanya,” Ya Rasulullah, apa saja tuju hal yang membinasakan itu” beliau menjawab.. menyekutukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sihir, membunuh orang yang diharamkan Allah untuk dibunuh melainkan dengan jalan kebenaran, memakan harta anak yatim dengan cara batil, memakan riba, lari dari medan peperangan, dan menuduh wanita-wanita mukminah dengan tuduhan nista.” (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim)

Termasuk diantara dosa-dosa besar itu adalah terus menerus melakukan maksiat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, berputus asa dari rahmat Allah, merasa tentram dari kemurkaan Allah, sumpah palsu, melakukan zina, homoseks, mencuri, berbohong, melaknat, minum khamr, sombong, memutuskan silaturrahim, menggunjing, berkhianat, isbal (kain di bawah mata kaki bagi laki-laki), sogok-menyogok, laki-laki menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki, menganggu tetangga, meninggakan sholat berjama’ah dan meninggalkan shalat Jum’at tanpa alasan yang syar’i.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai dosa besar. Insya Allah selanjutnya kita akan membahas mengenai dosa besar yang paling besar. Semoga bermanfaat ..

(Sumber dari Majalah Elfata, edisi 12 volume 07 th. 2007)

Comment here