Pertanyaan: Seoarang laki-laki tertimpa kecelakaan lalu lintas. Dokter berkata padanya bahwa pinggang dan saluran air seninya lemah sekali akibat dari kecelakaan lalu lintas tersebut. Dokter menyuruhnya agar banyak minum air. Apakah dia wajib berpuasa? perlu diketahui bahwa saya sudah mencoba untuk berpuasa kemudian terjadi pendarahan. Maka saya pun berbuka atas anjuran dokter.

     Jawaban: Kelihatan dari keadaanmu bahwa engkau tidak mampu berpuasa. Karena ketika engkau mencoba setengah bulan berpuasa di tahun yang ketiga terjadi pendarahan. Ini artinya engkau harus banyak minum air. Dengan demikian engkau tidak wajib berpuasa. Kewajibanmu adalah memberi makan satu orang miskin setiap harinya. Tidak cukup kamu membayar dengan uang untuk memberi makan mereka. Maka sekarang engkau wajib memberi makan dua bulan setengah.

Ada dua cara dalam memberi makan ini.

Pertama: Engkau membuat makanan dan mengundang 30 orang miskin untuk membayar Ramadhan tahun pertama. Demikian pula hari kedua. Pada hari ketiga engkau mengundang 15 orang miskin untuk tahun ketiga.

Kedua: Engkau memberi mereka enam sha’ beras. Engkau bagi untuk 30 orang miskin dengan daging yang mencukupi mereka, daging ayam atau yang lainnya. Ini untuk bulan Ramadhan tahun pertama. Demikian pula enam sha’ untuk Ramadhan tahun kedua. Dan tiga sha’ untuk Ramadhan tahun ketiga.

                                                                               (Majmu’ah Asyrithati Fiqhil ‘Ibadaat)

 

By Radio Kita FM Cirebon

Radio Kita 94.3 FM Cirebon. SMS/WA 085210943943, Telpon On Air: (0231) 488281

Leave a Reply